Diharapkan pembaca dapat memahami konsep rekayasa perangkat lunak dengan baik. Perangkat lunak tidak dibuat secara pabrikan tetapi dibuat dengan melakukan rekayasa (engineering). Rekayasa pembuatan perangkat lunak perlu adanya perencanaan, analisis, desain yang matang dan mumpuni agar sebuah perangkat lunak yang baik dapat dibuat. Buku ini membahas bagaimana cara merekayasa perangkat lunak yang menggunakan pemrograman terstruktur maupun pemrograman berorientasi objek. Mari membuat perangkat lunak dengan baik.
Buku ini dibuat dengan tulus bertujuan agar pembaca (mahasiswa) dapat lebih mudah memahami konsep rekayasa perangkat lunak dengan baik (Aamiin).
Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
1 Pendahuluan
1.1 Perangkat Lunak
1.2 Rekayasa Perangkat Lunak
1.3 Proses Rekayasa Perangkat Lunak
1.4 Teknologi Informasi Sosial
2 Analisis dan Desain Sistem
2.1 Definisi Analisis Sistem
2.2 Teknik Pengumpulan Data
2.2.1 Teknik Wawancara
2.2.2 Teknik Observasi
2.2.3 Teknik Kuisioner
2.3 Jenis Kebutuhan
2.4 Definisi Desain Sistem
3 SDLC
3.1 Pengertian SDLC
3.2 Model SDLC
3.2.1 Model Waterfall
3.2.2 Model Prototipe
3.2.3 Model Rapid Application Development (RAD)
3.2.4 Model Iteratif
3.2.5 Model Spiral
4 Basis Data
4.1 Pengertian Basis Data
4.2 DBMS
4.3 SQL
4.4 Alur Hidup Basis Data
4.5 ERD
4.6 Studi kasus
4.7 Studi kasus ERD
4.7.1 Definisi Entitas dan atribut
4.7.2 Definisi Relasi
4.7.3 Diagram ER
4.8 CDM
4.9 Studi kasus CDM
4.10 PDM
4.11 Studi Kasus PDM
5 Pemrograman Terstruktur
5.1 Pengertian Pemrograman Terstruktur
5.2 DFD
5.3 Kamus Data
5.4 Studi Kasus DFD
5.5 Studi Kasus Kamus Data
5.6 Implementasi DFD ke dalam Kode Program Studi Kasus
6 Pemrograman Berorientasi Objek
6.1 Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek
6.2 Konsep Dasar Berorientasi Objek
6.3 Perbandingan Pendekatan OO dan Terstruktur
7 Analisis dan Desain Berorientasi Objek
7.1 Analisis Berorientasi Objek
7.2 Desain Berorientasi Objek
7.3 CASE Tools
7.4 RUP
7.4.1 Kelebihan RUP
7.4.2 Fase RUP
8 Pemodelan dan UML
8.1 Kompleksitas Pengembangan Perangkat Lunak
8.2 Pemodelan
8.3 Pengenalan UML
8.4 Sejarah UML
8.5 Diagram UML
8.6 Class Diagram
8.7 Object Diagram
8.8 Component Diagram
8.9 Composite Structure Diagram
8.10 Package Diagram
8.11 Deployment Diagram
8.12 Use Case Diagram
8.13 Activity Diagram
8.14 State Machine Diagram
8.15 Sequence Diagram
8.16 Communication Diagram
8.17 Timing Diagram
8.18 Interaction Overview Diagram
9 Studi Kasus UML
9.1 Use Case
9.2 Diagram Kelas
9.3 Diagram Objek
9.4 Diagram Sekuen
9.5 Diagram Komunikasi
9.6 Diagram Kolaborasi
9.7 Diagram Status
9.8 Diagram Aktivitas
9.9 Diagram Komponen
9.10 Diagram Deployment
10 Perancangan Pola Berorientasi Objek
10.1 Design Pattern
10.2 Anti Pattern
11 Manajemen Proyek Perangkat Lunak
11.1 Pengertian Manajemen Proyek Perangkat Lunak
11.2 Perencanaan Proyek
11.3 Pengujian Perangkat Lunak
11.3.1 Pengujian Unit
11.3.2 Pengujian Integrasi
Daftar Pustaka
Glosarium
Indeks
Revisi Gambar Use Case Halaman 204 (panah generalisasi use case validasi terbalik, yang benar adalah sebagai berikut)