Diharapkan pembaca dapat memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek sebagai dasar konsep dan dasar pembuatan program komputer berorientasi objek. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi serta pemetaan algoritma ke bahasa pemrograman C, PHP, dan Java agar lebih mudah dipahami. Isi buku ini merupakan hasil pengalaman penulis dalam mengajar mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Melalui buku ini diharapkan kesalahan konsep berpikir mengenai pemrograman berorientasi objek yang identik dengan bahasa pemrograman Java dapat dihindari karena pemrograman berorientasi objek bukan hanya Java sebagai bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek.
Buku ini dibuat dengan tulus bertujuan agar pembaca (mahasiswa) dapat lebih mudah memahami bagaimana membuat program dengan menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek dalam bahasa pemrograman (Aamiin).
Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
1 PENDAHULUAN
1.1 Pendahuluan Pemrograman Berorientasi Objek
1.2 Pemrograman Prosedural dan Pemrograman Berorientasi Objek
1.3 Syarat Umum Bahasa yang Mendukung Pemrograman Berorientasi Objek
1.4 Ragam Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek
2 OBJEK DAN KELAS
2.1 Pengertian Objek dan Kelas
2.2 Enkapsulasi
2.3 Atribut
2.3.1 Atribut Private
2.3.2 Atribut Public
2.3.3 Atribut Protected
2.4 Konstruktor
2.5 Destruktor
2.6 Metode (Method)
2.7 Implementasi Kelas
2.8 Inner Class / Nested Class (Kelas di dalam Kelas)
3 PEWARISAN (INHERITANCE)
3.1 Pengertian Pewarisan (Inheritance)
3.2 Implementasi Pewarisan (Inheritance)
4 POLIMORFISME
4.1 Pengertian Polimorfisme
4.2 Overloading
4.3 Overriding
5 ITERFACE (ANTARMUKA)
5.1 Pengertian Interface (Antarmuka)
5.2 Implementasi Interface
6 TEMPLATE DAN FRIEND PADA C++
6.1 Pengertian Template
6.2 Template Lebih dari Satu Tipe
6.3 Overloading Template
6.4 Template untuk Kelas
6.5 Implementasi Template
6.6 Pengertian Friend
6.7 Fungsi/Prosedur Friend
6.8 Metode Friend
6.9 Kelas Friend
6.10 Implementasi Friend
7 ABSTRAK, PACKAGE PADA JAVA
7.1 Kata Kunci Abstract pada Bahasa Pemrograman Java
7.2 Pengertian Package
7.3 Implementasi Package
8 EKSEPSI (EXCEPTION)
8.1 Pengertian Eksepsi (Exception)
8.2 Implementasi Eksepsi (Exception)
9 THREAD
9.1 Pengertian Thread
9.2 Implementasi Thread
10 PERANCANGAN KELAS BERDASARKAN UML DAN ERD
10.1 Merancang Data
10.2 Database Life Cycle
10.3 Entity Relationship Diagram (ERD)
10.4 Studi kasus ERD
10.5 Conceptual Data Model (CDM)
10.6 Studi kasus CDM
10.7 Simbol-simbol pada Use case
10.8 Studi Kasus
10.9 Diagram Use case
10.10 Pendefinisian Kelas pada Diagram Kelas
10.11 Studi Kasus Diagram Kelas
11 PERANCANGAN POLA BERORIENTASI OBJEK
11.1 Design Pattern (Pola Desain)
11.2 Anti Pattern
12 RAGAM BAHASA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
12.1 Smalltalk
12.2 Eiffel
12.3 C++
12.4 PHP
12.5 Java
12.6 C#
Daftar Pustaka